Contoh Menu Diet Asam Urat

Contoh menu diet asam urat – penyakit asam urat adalah salah satu bentuk inflamasi yang dapat menyebabkan sakit parah, tiba-tiba terjadi pembengkakan dan nyeri paling sering terjadi pada sendi besar jempol kaki, namun penyakit asam urat tidak terbatas pada jempol kaki, hal ini dapat mempengaruhi sendi lainnya termasuk kaki, lutut, tangan, pergelangan tangan, siku, dan jaringan kadang-kadang jaringan halus dan tendon. Hanya dapat mempengaruhi satu sendi pada satu waktu, tetapi dapat berubah menjadi kronis dari waktu ke waktu sehingga dapat mempengaruhi beberapa sendi lain. Hendaknya bagi penderita asam urat sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan, karena jika seseorang penderita asam urat  sembarang memakan makanan yang tidak tepat, asam urat akan kembali kambuh. Oleh karena itu anda dapat mengetahu makanan yang boleh dimakan dan beberapa makanan yang harus dihindari, hal ini merupakan contoh menu diet asam urat.

Contoh Menu Diet Asam Urat

Contoh Menu Diet Asam Urat atau Makanan yang Harus dikonsumsi bagi Penderita Asam Urat antara lain :

  • Contoh menu diet asam urat yang pertama, Hendaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi yang terdapat pada kentang, yoghurt, dan buah pisang.
  • Contoh menu diet asam urat yang kedua, Sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, seperti yang terdapat pada buah jeruk, buah pepaya, buah strawberi, buah naga, dan buah belimbing wuluh. Sedangkan sayuran yang harus dikonsumsi adalah sayuran jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Contoh menu diet asam urat yang ketiga, Perbanyak lah mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada nasi, singkong, roti dan umbi-umbian.
  • Contoh menu diet asam urat yang keempat, Hendaknya mengurangi konsumsi karbohidrat sedeharna jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup.
  • Contoh menu diet asam urat yang kelima, adalah kurangi bekerja terlalu keras sehingga dapat menimbulkan kelelahan.
  • Contoh menu diet asam urat yang keenam, adalah mengkonsumsi minuman teh hijau setiap hari nya  secara rutin untuk dapat mengontrol kadar asam urat.
  • Contoh menu diet asam urat yang ketujuh, untuk orang yang mengalami kegemukan (obesitas) biasanya dapat menyebabkan kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran akan sedikit, sebaiknya sangat dianjurkan untuk melakukan  olahraga yang sangat cukup setiap harinya secara rutin.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat antara lain :

  • Mengkonsumsi buah-buahan tertentu, bagi penderita asam urat sangat dilarang mengkonsumsi buah-buahan seperti nanas, durian, serta air kelapa.
  • Mengkonsumsi daging jeroan, daging jeroan juga sangat dilarang bagi penderita penyakit asam urat contoh jeroan yang tidak diperbolehkan adalah limpa, ginjal, usus, babat, otak dan juga paru.
  • Mengkonsumsi makanan daging berlemak, seperti daging kambing, domba, sapi dan kuda yang mengandung zat purin yang tinggi.
  • Mengkonsumsi makanan seafood atau makanan laut, ada baiknya bagi penderita asam urat menghindari makanan sejenis seafood atau makanan laut seperti kerang, udang, cumi, kepiting, ikan sarden, remis, dan lain sebagainnya. Karena kandungan protein pada makanan ini tergolong cukup tinggi.
  • Mengkonsumsi makanan sejenis kacang-kacangan, makanan yang mengandung kacang-kacangan seperti oncom, tauco, tempe, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, emping, dan tauge semua ini bisa beresiko menimbulkan asam urat.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung gorengan, makanan  yang mengandung gorengan dapat mengandung kadar lemak yang tinggi apalagi minyak yang digunakan pada gorengan tersebut merepukan sejenis lemak jenuh yang dapat mempercepat tingginya asam urat dalam darah, dan gorengan juga dapat meningkatkan resiko penyakit kronis lainnya termasuk penyakit kardiovaskuler.
  • Hindarkan makanan-makanan kaleng seperti yang terdapat pada sarden, cornet, dan lain sebagainya. Karena makanan kaleng merupakan makanan yang sangat cepat meningkatkan kandungan asam urat yang ada di dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi makanan daging unggas seperti, daging ayam, daging bebek, dan daging kalkun merupakan jenis unggas yang mengandung purin tinggi dan harus dihindari.
  • Mengkonsumsi makanan  yang kaya akan lemak dan protein, bagi penderita asam urat hendaknya menghindari beberapa jenis makanan yang kaya akan  protein dan makanan yang mengandung kadar lemak. Karena adanya protein yang tinggi dapat meningkatkan zat purin yang dapat memicu tingginya asam urat di dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi daging olahan seperti abon dan dendeng, karena daging olahan mengandung kadar purin yang tinggi, jadi sangat harus dihindari dan dikonsumsi.
  • Mengkonsumsi makanan yang digoreng yang termasuk di dalam nya seperti pada makanan yang bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/ mentega.

Adapun penyebab Asam Urat lainnya adalah :

Penyebab primer

Merupakan penyebab yang timbul pada penderita sendiri, misalnya karena kelainan, faktor keturunan, atau gangguan fungsi ginjal.

Penyebab sekunder

Merupakan penyebab asam urat yang timbul karena adanya kesalahan pola makan pada si penderita, hal ini harus sangat diwaspadai karena tidak terkait keturunan.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Diet Asam Urat and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *